Wednesday, December 21, 2016

Investor Siap Bangun Bukit Teletubbies


Bukit Teletubbies Desa Kolok, Kota Sawahlunto


Desa Kolok Nantuo memiliki potensi alam yang patut dikembangkan sebagai destinasi wisata terutama agrowisata. Selain itu, pemandangan berbukitan dengan hamparan rumput yang luas. Masyarakat setempat menamakan bukit tersebut bukit Teletubbies.

"Bukit teletubbies ini telah dikenal banyak orang karena keindahan pemandangan dan alamnya yang sejuk. Namun, akses inprastruktur jalan masih buruk dan sulit untuk ditempuh," ungkap Adeks Rossyie Mukri, Kepala Desa Kolok Nantuo Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Kepada Penulis, Selasa, 20 Desember 2016.

Ia menyebutkan bahwa bukit teletubbies tersebut akan dikembangkan menjadi objek wisata baru desa kolok. Maka, tahun 2017 akan diusulkan untuk perbaikan jalan menuju tempat wisata tersebut. Sehingga akses menuju lokasi dapat ditempuh dengan lancar dan aman, kemudian jarak tempuh pun tidak memakan waktu lama.

"Bukit Teletubbies yang terletak diperbatasan antara Kabupaten Solok dan Kota Sawahlunto akan segera dikelola. Sebelumnya, hal itu masih dalam permasalahan batas wilayah, namun ninik mamak antara dua daerah tetangga tersebut telah sepakat  untuk mengembangkan," katanya.

Ia melanjutkan bukit teletubbies itu berada diantara kawasan Jorong Rawang, Nagari Sulik Aia, Kabupaten Solok dan Dusun Guguak Sumbayang, Desa Kolok Nan Tuo, Kota Sawahlunto. "Maka jalan tersebut merupakan jalan provinsi yang menghubungkan kota Sawahlunto dengan Kabupaten Solok," ujarnya.

Kepala Desa Kolok Nantuo, Adeks Rossyie Mukri
Ia mengaku saat ini telah ada investor yang telah menyatakan kesediaannya untuk melakukan pengembangan objek wisata tersebut sebagai agrowisata. Selain itu, dikawasan tersebut juga dimungkinkan untuk pembudidayaan hewan ternak sapi, maka Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Sawahkunto juga mendukung rencana desa.

"Investor yang menamkan modal tersebut meminta lahan seluas 5 ha. Lahan tersebut akan di tanam Appel dan Alpukat sebagai objek agrowisata. Hal ini mendapat respon dari ninik mamak kolok, kesediaannya untuk memberikan tanahnya untuk dikembangkan dan prosesnya pun akan di permudah," katanya.

Selanjutnya, terang dia, dikawasan bukit teletubbies tersebut juga terdapat dataran berbentuk jenjang, dan dibatasi sungai. Maka, kawasan tersebut akan dikembangkan menjadi tempat kemping yang diberi nama 'Kemping Remaja'.

"Tempat ini sangat di mungkinkan untuk dikembangkan menjadi tempat objek wisata kemping remaja. Kita juga akan promosikan dan lakukan kerja sama dengan pihak sekolah untuk kegiatan pramuka kemping di kaki bukit teletubbies," sebutnya.

No comments:

Post a Comment