Thursday, May 18, 2017

Koni Imbau Atlet Hindari Doping

Kejuaraan Nasional The Heritage Mr Indonesia seri II tahun 2017 yang dihadiri oleh atlet dari 17 Provinsi. 34 provinsi yang ada di Indonesia sebagian atlet hadir ikut serta berkopetisi diajang kejuaraan nasional Mr Indonesia seri II. Keseluruhan peserta yang hadir pada malam hari ini ada sebanyak 150 orang atlet dari berbagai provinsi. Kemudian untuk satu orang atlet, ofesialnya ada enam orang. Jadi ada sebanyak 900 orang yang hadir pada malam hari ini. 

"Atlet bina raga untuk pulau Sumatera, hadir seluruhnya kecuali Sumatera Selatan dan Lampung. Kemudian atlet dari pulau jawa selutuhnya hadir seperti DKI, DIY, Jabar, Banten, Jatim, Jateng hadir pada malam hari ini. Kemudian, atlet dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur serta dari atlet dari Nusa Tanggara Timur yang merupakan Indonesia bagian timur turut menghadiri kejuaraan nasional Mr Indonesia seri II termasuk atlet dari Sumatera Barat, pada umumnya dihadiri oleh pencab yang ada di seluruh Sumatera Barat," ujar Buyuang Lapau Ketua PABBSI Sawahlunto, Sumatera Barat, saat menyampaikan pidato pembukaan The Heritage Mr Indonesia seri II tahun 2017 di hol PT. BA, pada Sabtu, 13 Mei 2017 malam. 

Ia menyebutkan bahwa Sawahlunto memiliki home sty sebanyak 200 kamar. Kemudian, Hotel Ombilin dan Hotel Parai ada sebanyak 200 kamar. Jadi, sebanyak 400 kamar hotel telah dihuni oleh pengunjung Mr Indonesia seri II tahun 2017. "Begitulah pemerintah kota mengembangkan pariwisata kota Sawahlunto untuk selalu berupaya mengadakan iven nasional dilaksanakan di Kota Sawahlunto," katanya.

Ia mengatakan bahwa kenapa Mr Indonesia seri II merupakan kejuaraan yang bergensi dilaknasakan di Sawahlunto. Karena memang kota Sawahlunto telah menyenggarakan iven lokal PABBSI Sawahlunto dan di dukung oleh Provinsi Sumatera Barat. Atas supporting dari gubernur Irwan Prayitno, penyelenggaraan iven PABBSI Bina Raga dapat dilaksanakan di Sawahlunto. 

"Maka, berdasarkan Surat PABBSI nomor 170 pada tanggal 23 Desember 2016 dari Kemenpora, ditunjuk kota Sawahlunto menjadi tuan rumah Mr Indonesia seri II. Harapan kedepan kepada PB-PABBSI agar iven nasional termasuk seleksi Kejurnas PABBSI bisa diadakan di kota Sawahlunto," tuturnya.

Ali Yusuf, Walikota Sawahlunto menyebutkan bahwa Sawahlunto memiliki home sty sebanyak 200 kamar. Kemudian, Hotel Ombilin dan Hotel Parai ada sebanyak 200 kamar. Jadi, sebanyak 400 kamar hotel telah dihuni oleh pengunjung Mr Indonesia seri II tahun 2017. Maka, implementasi pembangunan daerah tersebut ditunjang oleh pariwisata. 

"Dengan begitu, kejuaraan nasional Mr. Indonesia seri II di percayakan kepada Sawahlunto menjadi tua rumah. Begitulah pemerintah kota mengembangkan pariwisata kota Sawahlunto untuk selalu berupaya mengadakan iven nasional dilaksanakan di Kota Sawahlunto. Melalui iven ini multiefeknya adalah meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.

Ia mengatakan bahwa iven kejuaraan nasional tersebut difasilitasi oleh pemerintah, namun sumber ekonomi bagi masyarakat. PABBSI telah berkontribusi meningkatkan jumlah kunjungan wisata di kota Sawahlunto dengan adanya kejuaraan nasional the heritage Mr Indonesia seri II.

"Iven selanjutnya kota Sawahlunto dipercaya menjadi tuan rumah. Kejuaraan Nasional Panjat Tebing usia remaja. Kemudian, November mendatang Jambore Pemuda Indonesia di Kota Sawahlunto. Selanjutnya sepeda wisata hanya ada di Kota Sawahlunto dan Bukittinggi melalui menteri pemuda olahraga dan gubernur sumbar," katanya.

Erman Somosi, Koni Pusat menyebutkan bahwa kota Sawahlunto memiliki heritage secara nasional yang pernah ada sebelum ada Kutai Timur serta Kutai Kartanegara. Sawahlunto sudah dikenal dengan kekayaan alamnya dan bangunan terbukti peninggalan yang lalu sehingga patut dipertahankan.

"Sebelum datang ke kota Sawahlunto, saya mencari informasi tentang Sawahlunto. Informasi tersebut sesuai dengan kondisi tersebut sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya. Maka kebanggaan saya dengan kota Sawahlunto, dengan penduduk yang relatif kecil dan PAD yang kecil. Tetapi pemerintah kota betul-betul berinprofisasi bagaimana mengangkat Sawahlunto sesuai dengan latar belakang yang dimiliki geologis yang bagus," katanya.

Kemudian, lanjut dia, hal tersebut perlu ditingkatkan lagi dengan memiliki gagasan yang lebih baik lagi. Maka, dengan demikian dibuktikan oleh seorang pejabat betapa besarnya olah raga terhadap pengaruh yang memberikan serta multi efeknya terhadap ekonomi kerakyatan. "Kesejahteraan masyarakat dengan mengembangkan ekonomi kerakyatan, hal ini yang mengesankan bagi saya di Sawahlunto," ujarnya.

Menurutnya, banyak cabang olah raga lain yang bisa bersedia datang ke Sawahlunto untuk lebih menyemarakan dan meningkatkan perekonomian rakyat. Maka, Koni Pusat akan memberikan dorongan olah raga yang lain terutama binaraga. Kemudian, hal yang sangat penting bagi bina raga adalah bahwa Koni pusat mendukung dan memberikan apresiasi atau upaya-upaya yang dilakukan oleh PABBSI, khususnya binaraga yang digelar. 

"Diharuskan iven Mr Indonesia seri II diharapka menghasilkan atlet binaraga yang tangguh dan berkualitas serta mampu bersaing dan membanggakan pada iven international," imbuhnya. 

Ia menegaskan bahwa PABBSI mempunyai tiga disiplin cabang olah raga yakni angkat besi, angkat berat dan binaraga. Maka, beban ini cukup keras bagi PABBSI, karena tiga cabang olah raga ini sangat retan terhadap doping. Doping yang sangat ditabukan dalam dunia olah raga. "Oleh karena itu, saya ditugaskan datang ke Sawahlunto untuk menyampaikan pesan bahwa bagaimana olah raga bisa berkualitas baik mengangkat harkat dan martabat serta kehormatan bangsa dengan tidak menodainya masalah doping," tukuknya.

Ia menambahkan bahwa upaya yang dilakukan oleh PABBSI khususnya membina untuk bina raga dalam rangka mensosialkan bagaimana supaya PABBSI tidak menggunakan doping seperti PON tahun lalu. "Khusus bina raga ada beberap catatan penting yang perlu disampaikan pada kesempatan ini agar menjadi perhatian bersama bagi seluruh insan bina raga Indonesia," katanya.

Pertama, pada PON ke 19 tahun 2016 lalu di Jawa Barat ada sebanyak 12 kasus doping, 8 diantaranya terkena atlet bina raga. Hal ini bisa menjadi perhatian bersama-sama. Koni pusat prihatin dan meyesalkan kejadian tersebut. 

Oleh karena itu, lanjut dia, PABBSI harus melakukan efaluasi dan upaya kongkrit yang terarah agar kedepan tidak adalagi serta menodai esksistensi bina raga dalam keolah ragaan nasional. Oleh karena itu, kegiatan Mr Indonesia seri II ini diberika apresiasi besar.

Kedua, pada movide Asia, yakni Asia Sigame di puket Thailand, atlet yang dibawa dan akan diikutsertakan pada iven kontes, karena berat badan yang tidak masuk atau overlip. Hal ini merupakan catatan penting agar semua jajaran bina raga memahami agar kedepan dapat melakukan perbaikan. 

Ia mengaku bahwa peran dan fungsi pelatih sungguh sangat besar dan penting bagi menghindarkan atletnya melakukan doping. Selain itu, para atlet harus memahami bahaya doping disamping akan merusak dirinya sendiri, hal itu ada perbuatan yang tidak sportif. Untuk itu, diharapkan agar seluruh insan bina raga dapat berkopetisi secara baik dan raih prestasi dengan tetap menjunjung tinggi sportifitas yang tinggi. 

"Kedepan akan kebih baik dan dengan catatan kedepan ada PON ke 20 tahun 2020. Koni sedang melakukan pencermatan agar semua nomor yang dipertandingkan bisa dipertandingkan. Tetapi PB Koni secara cermat akan melakukan seleksi agar cabang olah raga yang dipertandingkan tetapi ada pengurangan," tutupnya.

No comments:

Post a Comment