Wednesday, May 3, 2017

Memasyarakatkan Olahraga Sawahlunto Tuan Rumah Gala Desa

Sawahlunto, di percaya menjadi tuan rumah Gala Desa dan Goes Pesona Nusantara untuk tiga kabupaten/kota yang tersebar di seluruh Indonesia. Dua kegiatan olah raga tersebut dikemas dalam konsep gerakan kementerian "Ayo Olah Raga" yang telah di launching pada beberapa waktu lalu. Iven gala desa dan goes pesona nusantara akan berlansung pada 9 Juli hingga 9 September mendatang.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan olah raga guna mencari bibit atlet. Sebab, Kemenpora menyadari bahwa bibit atlet tidak hanya milik kota saja, namun desa juga memiliki potensi yang luar biasa dengan bakat yang dimiliki," ujar Efriyanto, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olah Raga Sawahlunto, Sumatera Barat, kepada Penulis, Selasa, 2 Mai 2017.

Ia menyebutkan bahwa kegiatan tersebut sesuai dengan potensi dan kondisi daerah masing-masing kapan waktu penyelenggaraan iven yang akan dilakukan. Kementerian hanya menyesuikan iven yang digelar sesuai dengan kesiapan daerah penyelanggara kegiatan.

"Untuk penyelenggaraan iven gala desa tersebut diserahkan pada daerah masing-masing, kapan waktu pelaksanaannya. Begitu pula dengan goes pesona nusantara juga diberikan kepada daerah masing-masing," katanya.

Ia menyebutkan bahwa konsep gala desa yang akan digelar dengan konsep kompetisi antar desa untuk enam cabang olah raga yang di fasilitasi oleh kementerian olah raga. Enam cabang olah raga tersebut yakni Sepak Bola antar desa, Altetik, Volly, Tenis Meja dan Bulu Tangkis.

"Enam Cabang olah raga ini akan star pada tanggal 9 juli dan berakhir tanggal 9 Sept. Kegiatan tersebut akan digelar hari Sabtu-Minggu dan tidak berdasarkan pada iven pada umumnya. Yakni, sekali digelar berturut-turut hingga tuntas dan barakhir pada penutupan," paparnya.

Kamudian, lanjut dia, Enam cabang olah raga tersebut akan di gelar di enam desa yang berbeda. Hal ini akan menjawab animo masyarakat kegiatan tersebut digelar tidak hanya terpusat pada satu titik saja.

"Kita penyelenggaraan ini akan dilaksanakan bersamaan dengan pembukaan gala desa dengan tujuan gezahnya akan lebih terasa. Gala Desa tersebut ada lima kabupaten/kota se Sumbar mendapat sporting dari kementerian," katanya.

Kemudian, Goes Pesona Nusantara ada tiga kabupaten/kota penyelenggara, yakni Payakumbuh, Bukittinggi dan Kota Sawahlunto. Geos pesona nusantara merupakan kegiatan olahraga memasyeakatkan bersepeda dan menjadi tuan rumah goes nusantara.

Ia menyebutkan bahwa sumbar mendapat tiga tuan rumah penyelenggara iven Goes Pesona Nusantara yang dapat dipercaya oleh kementerian yakni Payakumbuh, Bukittinggi dan Kota Sawahlunto. Sementara itu, Sawahlunto menggelar geos tersebut digerlar bersamaan dengan pembukaan gala desa yakni 9 Juli mendatang.

"Goes tersebut digelar selama sehari dengan konsep sepeda santai dengan target 1000 peserta. Rute yang akan direncanakan untuk gues pesona nusantara yakni, makam M. Yamin, Kandih, Sawahlunto dan berakhir di Kota Lama," tuturnya.

No comments:

Post a Comment