Monday, June 12, 2017

Cegah Penyakit Hati Dengan Membaca Quran

Walikota Sawahlunto Ali Yusuf menutup secara resmi Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Desa Talago Gunuang, Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. MTQ yang terdiri tujuh cabang lomba tersebut ditutup dengan makan sahur bersama di Dusun Koto. MTQ berlangsung sejakan Jumat-Munggu 8-11 Juni 2017 diikuti lebih dari 100 kafilah.

Arfi Putra, Kepala Desa Talago Gunuang, Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto mengatakan bahwa Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 26 tingkat Desa merupakan agenda tahunan sejak tahun 1991 kegiatan MTQ telah berlangsung. Penyelenggaraan MTQ tingkat desa tersebut dilaksanakan secara bergantian antar dusun yang ada. 

"Penyelenggaraan MTQ tahun ini dilaksanakan di Dusun Koto yang terdiri dari tujuh cabang. Masing-masing cabang diikuti kurang lebih 20 atau lebih peserta kafilah MTQ. Kalau ditotalkan ada sekitar 100 lebih peserta mengikuti lomba yang telah berlangsung selama tiga malam ini," ujarnya saat menyampaikan sambutan penutupan Mushabaqah Tilawatil Quran, Senin,12 Juni 2017 dini hari. 

Ia menyebutkan bahwa bagi pemenang MTQ ke 26 tahun ini akan direkomendasikan untuk mewakili kapilah Desa Talago Gunung tingkat kecamatan pada bulan Agustus mendatang. Maka ke tujuh cabang tersebut yakni Sarhil Quran, Tilawah, Mutarattal Dasar, Azan, Mubaligh cilik, Tilawah Tingkat Remaja, dan Tingkat Majlis Taklim. "Maka dari itu kita target akan mendapatkan juara I tingkat kecamatan mendatang, karena sebelumnya perwakilan Desa Talago Gunuang hanya mendapat juara II tingkat kecamatan," katanya. 

Ali Yusuf Walikota Sawahlunto mengatakan bahwa untuk menciptakan masyarakat yang religius sebagaimana tertuang dalam visi misi kota, maka kegiataan keagamaan terus ditingkatkan. Maka salah satunya untuk menciptakan masyarakat religius tersebut adalah dengan membaca alquran secara benar seperti kegiatan MTQ yang telah berlangsung selama tiga hari ini.

"Selanjutnya, program pemerintah subuh berjemaah dan magrib mengaji satu jam matikan tivi. Kemudian, didikan subuh juga akan dilombakan pada bulan Agustus dan malam puncak tahun baru Muharam mendatang. Kemudian, lomba untuk budaya tingkat anak juga akan diselengkarakan pada kegiatan malam puncak Muharam 1439," katanya.

Ia menjelaskan bahawa hanya ada dua desa yang melakukan Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yakni Desa Talago Gunung tingkat desa. Kemudian MTQ ini juga akan dilangsungkan di Desa Sikabu akan, berlangsung MTQ ini dilakukan berlangaung dengan tujuh cabang lomba. Namun desa lainnya menyelenggarakan nuzul quran saja, maka dari itu pemerintah kota telah menyampaikan kepada desa dan kelurahan yang ada penyelenggaraan MTQ harus rencanakan sejak dini untuk tahun berikutnya. 

"Penyelenggaraan dana dari awal, dan bahkan bentuk partisipasi, namun sekarang dana tersebut sudah ada di desa dan dapat dianggarkan. Sebab, penyelenggaraan MTQ sebelumnya hanya untuk hadiah tahun dapat ditingkatkan lagi total hadiahnya hingga Rp30 juta, agar lebih semarak dan lebih bersemat anak anak untuk ikut MTQ. Sehingga anak-anak sebagai generasi penerus lebih semangat membaca Quran. Sehingga sinergi dengan program pemerintah kota magrib mengaji dan satu jam matikan tivi serta subuh berjemaah," paparnya. 

Ia menjelaskan bahwa karena semangat membaca quran dapat mencegah penyakit hati, yakni iri hati, dengki, sifat sombong dan sifat buruk lainnya. Kemudian dengan banyak membaca quran juga akan memberikan manfaat untuk ketenangan jiwa serta meningkatkan keimanan. Maka dari itu, jika iman dan taqwa telah mantap dan akan menjadi pakaian kita setiap pribadi muslim, khususnya warga Sawahlunto dan gerasi penerus untuk menjawab tantangan di masa mendatang. 

"Sehingga kedepan, terwujudnya kota wisata tambang berbudaya pada tahun 2020, maka akan banyak wisatawan yang akan berkunjung dengan membawa pengaruh. Maka, apa pun pengaruh budaya asing yang akan masuk dapat teratasi oleh gerasi muda kita, karena iman dan taqwa menjadi "pakaian" harianya yang melekat pada diri. Maka, inilah yang kita persiapkan untuk menjawat tantangan kedepan mewujudkan masyarakat yang religius. Salah satunya dengan membaca quran serta MTQ ini merupakan bagian dari program pemerintah kota," katanya.

No comments:

Post a Comment