Sunday, December 17, 2017

Pesona Sawahlunto Puncak Cemara Sungguhkan Keindahan Kota Dari Ketinggian

Sabtu, 16 Desember 2017 siang menjelang sore kota Sawahlunto mulai mendung. Tak lama hujan pun mengguyur sehingga jalan menuju puncak cemara yang semberaut menjadi basah dan licin. Pengunjung diharapkan harus hati-hati melintasi jalan menuju puncak cemara. Sebab, jalan menuju puncak cemara sedang dalam perbaikan dan pelebaran jalan. Sehingga jalan yang tutupi tanah mengakibatkan jalan menjadi licin. Kemudian, banyaknya tumpukan tanah timbunan yang menumpuk di bibir jalan. 

Puncak cemara mengunjung akan dimanjakan dengan keindahan melihat kota tua Sawahlunto dari atas ketinggian. Selain itu, di puncak cemara lanskap memandagan melihat tulisan Kota Sawahlunto yang berhadapan dengan puncak cemara. Masing-masing memperlihatkan keindahan panorama kota Sawahlunto dari ketinggian. Kemudian, biasanya pada ketinggian tersebut pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan kota Sawahlunto akan ditutupi awan usai hujan mengguyur kota tersebut. 

Kota Sawahlunto memiliki objek unggulan yang tidak lari dari korp kota sebagai Kota Lama dengan berbagai museum yang ada. Sebab, Sawahlunto disiapkan menjadi sebagai 'Kota Seribu Museum' kerana banyak koleksi yang dapat dilihat oleh pengunjung. Kemudian, kawasan kota tua kota Sawahlunto peminatnya adalah peminant khusus, jadi semuanya harus dilengkapi. Ada tiga museum melengkapi kawasan kota tua yakni Museum Tari, Museum Lukisan dan Etnologi Kayu, Museum Alat Musik Tradisional juga sebagai objek wisata unggulan yang memiliki berbagai koleksi. 


Kemudian, tidak kalah penting dengan objek-objek yang lain seperti Puncak Cemara, Water Boom, Taman Satwa Kandih tetap menjadi objek wisata unggulan Sawahlunto. Karena konsep wisata atau selera dan sekmen pasar wisata adalah cenderung ke fun atau menyenangkan yang membuat pengunjung enjoy sekeluarga untuk berwisata, hal itu ada di water boom, taman satwa Kandih.

Oleh Karena itu, konsep wisata yang ada di Sawahlunto adalah wisata asyik bebas macet. Ketika dibeberapa daerah di landa dengan kemacetan seperti kota berkembang Sumatera Barat, sehingga untuk datang ke sana dengan kondisi jalan yang macet. Untuk itu, berlibur dan bermalam di Sawahlunto segala sesuatu disiapkan, seperti kuliner dilapangan Segitiga sehingga bisa dinikmati oleh pengunjung pada saat malam hari. 

Kemudian, kota Sawahlunto juga menyiapkan berbagai penampilan seni budaya karena kota yang memiliki tag-line 'Sawahlunto Pusaka' menjadi agenda serta iven kota. Hal ini untuk menampilkan seni budaya di Sawahlunto, baik seni tradisi maupun seni modrn. Sehingga Kunjungan Wisata Sawahlunto pada Agustus 2017 mencapai 400 ribu kunjungan. Kunjungan tersebut tersebar di seluruh objek wisata di Sawahlunto terutama kunjunga wisata puncak cemara mencapai 51.090 orang pengunjunga di bulan Agustus. Sementara itu, kunjungan puncak cemara (puncer) pada bulan yang sama Agustus 2016 relatif sama. 

"Kita masih optimis kunjungan wisatawan terus bertambah karena iven-iven besar terus dilangsung. Maka, akumulasi kunjungan akan terus bertambah dan tersebar di seluruh objek yang ada. Total kunjungan wisata Sawahlunto pada tahun 2017 belum terhitung," ujar Efriyanto, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto, kepada Penulis, Sabtu, 16 Desember 2017.  

Kemudian, tingkat kunjungan wisata Sawahlunto berdasarkan RPJMD tahun 2017 berkisar 850 ribu hingga 900 ribu kunjungan. Namun melihat potensi kunjungan di Sawahlunto menunjukkan akumulasi yang baik dengan adanya iven-iven, maka Kementerian Pariwisata menergetkan kunjungan mencapai 1 juta kunjungan. 

Banyaknya penyelenggaraan iven berskala Nasional dan International di Sawahlunto hingga akhir Desember tentunya akan menambah kunjungan. Sebab, akumulasi kunjungan hingga Agustus berjumlah 400 ribu. Maka, dengan banyaknya iven diselenggarakan akan mendongkrak jumlah kunjungan dan kita optimis akan mencapai 1 juta kunjungan. Iven yang diselenggarakan tentu ada pembenahan terhadap objek wisata seperti puncak cemara. Sehingga memiliki daya tarik bagi pengunjung untuk datang ke tempat objek wisata. 

Puncak cemara sedang dilakukan pembenahan dan tambahan arena bermain. Karena punca cemara tersebut adalah wahana bermain remaja, namun saat ini ditambah puncak cemara tersebut dibagi menjadi dua level. level bawah untuk tambahan arena bermain anak berupa arena outbond dan air mancur. Sehingga anak-anak dapat beraktifitas dan bermain air. Penambahan objek wisata tersebut menggunakan anggaran APBD 2017 mencapai Rp1 miliar. 

Adanya arena bermain anak-anak tersebut maka, maka puncak cemara tidak hanya menjadi wadah untuk berfoto selfi dengan lanskep view kota tua dari atas puncak cemara, namun akan menjadi daya tarik sendiri bagi orang tua untuk mengajak anak-anak berlibur dan bermain di puncak cemara sembari melihat pemancakan kota tua dari ketinggian.

Akses bukitas menuju puncak cemara pun saat ini sedang dilakukan pelebaran jalan oleh Dinas Pekerjaan Umum dengan dana APBD. Kemudian, arena parkir yang telah disiapkan dan mampu menampung kendaraan roda dua sekitar 50 unit. Ini sebagai langkah untuk terus meningkatkan kunjungan wisata di Sawahlunto dengan harapan pengunjung merasa nyaman dengan fasilitas yang ada. 






No comments:

Post a Comment