Tuesday, January 9, 2018

Siapkan Destinasi Wisata Baru Sawahlunto Ali Yusuf-Ismed Berpasangan Lagi

Ribuan masa pendukung Ali Yusuf-Ismed hadiri Deklarasi calon walikota dan wakil walikota Sawahlunto periode 2018-2023. Deklarasi pencalonan walikota dan wakil walikota Sawahlunto diikuti Partai Politik pengusung. Ada lima Partai politik ikut mengusung Ali Yusuf-Ismed untuk maju pada pemilihan calon walikota dan wakil walikota Sawahlunto tahun 2018 yakni Partai Golkar memiliki 3 sebagai suara sah DPRD Sawahlunto, Kemudian PKPI memiliki 3 kursi, PKS ada 2 kursi, PKB dan Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo). Deklarasi pencalonan walikota dan wakil walikota Sawahlunto periode 2018-2023 di Lapangan Segitiga Sawahlunto, Senin, 8 Januari 2018. 

Ali Yusuf-Ismed menyebutkan bahwa pembangunan kota Sawahlunto akan terus dilanjutkan. Sehingga apa yang telah dilaksanakan pada kepemimpinan Ali Yusuf-Ismed akan tetap berlangsung. Program kota yang telah ada dan berjalan akan tetap dilaksanakan. Hal itu bertujuan demi kesejahteraan masyarakat Sawahlunto. Kemudian program magrib mengaji, budaya cokelat, pembangunan objek wisata terus akan dilaksanakan. 

Ali Yusuf - Ismed berkomitmen melanjutkan pembangunan yang merata dan dapat dirasakan oleh masyarakat Sawahlunto. Maka, untuk melanjutkan pembangunan perlu dukungan dan restu dari masyarakat kota Sawahlunto kepada putra terbaiknya. Kemudian, Sawahlunto akan menjadi kota terang benderang dan kerja sama dengan Korea. Pemerintah kota Sawahlunto melalui kepemimpinan Ali Yusuf-Ismed akan bekerja sama dengan Belanda untuk pengembangan sungai batang Lunto dijadikan distinasi wisata baru di Sawahlunto sebagi replika kota kecil Denhard. 

Komitmen untuk membangun kota Sawahlunto dimulai sejak pemerintah Amran Nur, kemudian dilanjutkan kepemimpinan Ali Yusuf-Ismed menjabat sebagai kepada daerah kota Sawahlunto. Maka, melanjutkan pembangunan yang ada sehingga Ali Yusuf-Ismed berkomitmen untuk maju melanjutkan pembangunan kota.

"Sebagai putra terbaik Sawahlunto Ali Yusuf - Ismed berkomitmen baju Pilkada Sawahlunto periode 2018-2023 untuk membangun Sawahlunto dimasa mendatang. Maka dari itulah dukungan dari seluruh warga Sawahlunto kepada Ali Yusuf - Ismed sehingga mampu untuk mengemban amanah melanjutkan pembangunan kota Sawahlunto mewujudkan kesejahteraan masyarakat," ujar Ali Yusuf Walikota Sawahlunto, Sumatera Barat usai pelantikan dirinya sebagai ketua DPD Partai Golkar 2015-2020, dilapangan Segitiga Sawahlunto, Senin, 8 Januari 2018 oleh Hendra Iwan Rahim Ketua DPW Golkar Provinsi Sumatera. 

Sementara itu, Ismed Wakil Walikota Sawahlunto Sawahlunto menyebutkan bahwa pembangunan kota efektifnya adalah 3 tahun 8 bulan. Maka pembangunan yang telah dilaksanakan tersebut akan tetap dilanjutkan agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Sehingga melalui dukungan dari masyarakat Sawahlunto, Ali Yusuf-Ismed berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan dan program yang telah di rancang, tujuannya adalah untuk kesejahteraan masyarakat Sawahlunto. 

"Dukungan dan partisipasi masyarakat Sawahlunto telah membuktikan pembangunan kota Sawahlunto berjalan dengan baik. Sehingga apa yang telah direncanakan dan diprogramkan dapat teralisai sehingga menjadi manfaat bagi masyarakat Sawahlunto. Maka, atas restu para kader partai politik, relawan, Komunitas, Paguyuban yang ada di Sawahlunto, serta majelis taklim, Ali Yusuf - Ismed kembali maju melanjutkan pembangunan," katanya

Alfi Sukri Ketua PKS sebagai ketua Tim Pemenang Ali Yusuf-Ismed Pilkada 2018 periode 2018-2023 menyerahkan berkas pencalonan Kepala Daerah pasangan calon walikota dan wakil walikota periode 2018-2023 kepada Afdhal Ketua KPU Sawahlunto. Penyerahan berkas pencalonan tersebut sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan oleh KPU Sawahlunto.

Afdhal, Ketua KPU Sawahlunto kemudian menyerahkan berkas paslon walikota dan wakil walikota Sawahlunto kepada tim pemeriksa dokumen yang diserahkan oleh partai pendukung dan paslon. Selanjutnya berkas tersebut selanjutnya akan dilakukan tahapan peneliti apakah barang tersebut ada atau tidak.

Afdhal, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sawahlunto menyebutkan bahwa dalam penyambutan kegiatan paslon walikota dan wakil walikota Sawahlunto periode 2018-2023 secara khusus tidak menetapkan tema. Berdasarkan peraturan KPU no 3 tahun 2017 dan perubahan no 15 tahun 2017 tentang pencalonan. Penyambutan bakal calon walikota dan wakil walikota Sawahlunto yang akan mendaftar dengan menyerahkan berkas disambut dengan risiah carano.  Sebab, Pilkada Sawahlunto merupakan alek demokrasi dan harus di perlihatkan kepada masyarakat. 

"KPU Sawahlunto ingin memperlihatkan kepada masyarakat bahwa KPU serius dalam hal menanti bakal calon yang akan mendaftar. Kegiatan penyambutan paslon walikota dan wakil walikota Sawahlunto periode 2018-2023, KPU Sawahlunto tetap memperlakukan bakal calon dengan sama," katanya. 

Ia mengatakan bahwa kegiatan penyambutan tersebut diharapkan dapat di percaya oleh seluruh calon beserta tim sukses dan simpatisan. Sehingga pesta demokrasi tersebut dapat telaksana dengan baik serta keseriusan KPU Sawahlunto sebagai penyelenggara pemilu. Kemudian, dalam hal mendaftra pasangan, calon hanya boleh didampingi oleh pengurus parpol yang mengusung, Ketua dan Sekretaris serta pengiring, total yang masuk ke ruangan 14 orang. Kemudian ditenda ada sebanyak 70 orang dipersiapkan untuk tim sukses dan simpatisan. Ditenda tersebut disediakan layar untuk melihat proses penyerahan berkas pencalonan serta sisanya menyesuaikan. 

"Untuk penyerahan paslon dimulai pada Senin dan selasa mulai pukul 08.00 sampai pukul 16.00, dan diingatkan paslon agar mentaati aturan sesuai jadwal. Kemudian pada Rabu penyerahan berkas paslon mulai pukul 08.00 hingga sampai jam 00.00 malam. Apabila melanggar ketentuan jam KPU tidak bisa menerima, kecuali ada keputusan dari Panwaslu," tuturnya. 

Sementara itu, kata dia, Skema yang telah ditetapkan oleh KPU mengikuti, paslon datang, dinanati dengan sirih dan carano oleh staf kpu yang berpakaian anak daro jo marapualaj, disambut dengan petatah petitih adat, di pintu masuk ditunggu komisioner, untuk menuju ruangan uatama. 

"Secara lisan dan sms, rombongan Ali Yusuf - Ismed datang pada Senin, 8 Januari 2018, Kemudian Selasa pukul 13.30, Fauzi Hasan- Dasrial Ery pada Selasa, 9 Januari 2018 pukul 15.00 serta, Deri Asta-Zohirin datang Rabu, 10 Januari 2018 pukul 15.00," katanya. 

Zawil Husaini Komisioner Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto menyebutkan bahwa tahapan pendaftaran, dimulai pada Seni- Rabu (8-10/1). Kemudian pada Kamis-Senin, 11-15 Januari 2018 cek kesehatan dalam hal ini KPa bekerjasama dengan IDI Sumbar, Himpunan Psikologi (Himsi) Sumbar dan BNN Sumbar. Hal tersebut telah di atur PKPU no 1 tahun 2017.

Saat mendaftar harus ada bakal paslon dan unsur parpol pendukung, pengurus. Pasal 39 angka 5 PKPU no 3 tahun 2017. Selanjutnya Incumben, surat bersedia cuti diluar tanggungan negara selama masa kampanye. Kalau anggota dewan surat bersedia mengundurkan diri, sk berhenti paling lambat 30 sebelum hari H. 

"Paslon walikota dan wakil walikota Sawahlunto periode 2018-2023 akan mengikuti tes kesehatan. Terkesehatan tersebut dibagi menjadi tiga poin kesehatan jasmani rohani, Psikologi, dan BNN. Kemudian untuk pengecekan kesehatan tersebut di Rumah sakit yang ditunjuk oleh IDI, Himsi dan BNN harus tipe A yakni RS Djamil," katanya

No comments:

Post a Comment