Monday, January 8, 2018

Tahun 2018 Fokus Membangun Objek Wisata

Pemerintah Kota Sawahlunto melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga tahun 2018 fokus melakukan pembenahan dan lanjutan pembangunan serta pengembangan beberapa kawasan objek wisata yang ada di kota tersebut. Pembenahan objek wisata tersebut merupakan lanjutan pembangunan tersebut akan dilakukan diantaranya di Kawasan Puncak Cemara, Kelok 16 dan destinasi Puncak Batu Runciang di Dusun Sungai Cacang Desa Silungkang Oso, Kecamatan Silungkang Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat.  

"Untuk di kawasan Puncak Cemara, pengembangan mengacu pada master plan yang telah disusun dimana kami akan melanjutkan penambahan fasilitas atau amenitas wisata antara lain seperti pembangunan foodcourt dan souvenir shop, penataan area parkir, serta penambahan fasilitas bermain bagi anak dan remaja," ujar Ali Yusuf Walikota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat, kepada Penulis, Rabu, 3 Januari 2018. 

Ia mengatakan bahwa untuk pengembangan kawasan Kelok 16 direncanakan penambahan fasilitas umum seperti toilet, penataan taman dan pesdestrian serta penambahan beberapa bangunan gazebo. Untuk destinasi Puncak Batu Runciang, hingga saat ini pengembangan destinasi tersebut murni swadaya masyarakat sekitar, yang telah berinisiatif dalam memanfaaatkan potensi alam desa mereka sebagai destinasi wisata yang unik. 

"Kedepan, konsep pemberdayaan masyarakat akan terus kami dorong melalui kelembagaan resmi yakni Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Selain itu, pemerintah melalui dinas terkait akan membantu meningkatkan aksesibilitas dan amnetis dikawasan tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku," katanya. 

Ia menyebutkan bahwa terkait dengan objek wisata yang dikelola oleh PT. WWS dan OPD lainnya, Walikota menjelaskan bahwa pihaknya melalui dinas terkait terus melakukan koordinasi dan sinkronisasi untuk mendorong pengelolaan yang profesional dan ramah pengunjung. 

"Disamping itu, kami juga melakukan promosi baik ke dalam maupun ke luar daerah untuk mendorong angka kunjungan wisatawan ke objek-objek wisata yang ada di Kota Sawahlunto," paparnya. 

Ia menyebutkan bahwa untul objek wisata puncak cemara telah dilakukan pembenahan dan tambahan arena bermain. Sebab puncak cemara merupakan wahana bermain remaja. Sehingga puncak cemara tersebut dibagi menjadi dua level. 

"level bahwa untuk tambahan arena bermain anak berupa outbond dan air mancur. Sehingga anak-anak dapat beraktivitas dan bermain air," katanya

No comments:

Post a Comment