Wednesday, October 4, 2017

Taman Kota Sarana Bermain Dan Pembelajaran Bagi Anak

Taman Kota Sawahlunto tidak hanya dimanfaatkan untuk bermain bagi keluarga namun sebagai sarana pembelajaran bagi anak. Sehingga objek bermain bagi anak dan keluarga yang ada ditaman kota harus ada tambahan. Selanjutnya taman kota yang dilengkapi permainan bagi anak-anak harus memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan tempat bermain ada ditempat lain. 

"Taman kota yang dilengkapi dengan permainan bagi anak sejatinya harus berbeda dengan tempat lain. Misalnya di Lapangan Segitiga yang merupakan taman kota telah dilengkapi dengan permainan anak seperti tempat berseluncur dan buaian. Seharusnya di taman kota Pasar Remaja tidak lagi dilengkapi dengan fasilitas bermain anak yang sama," ujar Reni Desmita Mira, 28, warga Kampung Teleng, Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto, Kepada Penulis Kamis, 28 September 2017. 

Menurutnya, taman kota di pasar remaja perlu ada tambahan objek baru bagi anak. Sebab, bermain di areal permainan anak tidak hanya bermain layaknya anak, namun ada ekukasi dan belajar. "Alangkah baiknya jika taman ini dilengkapi dengan gambar-gambar binatang yang dapat dilihat oleh anak saat bermain. Sehingga saat anak bermain juga mendapat pengetahuan bagi," katanya. 

Ia menambahkan bahwa selain gambar binatang yang di pajang di areal lokasi taman, juga dilengkapi dengan jenis tamana lain berupa sayur sayuran. Sehingga anak akan mengetahui jenis tanaman dan sayuran sembari bermain. Mengenal sayur-sayuran berupa batang tomat, mentimun, cabe dan lain sebagainya. 

"lokasi tanam bermain pasar remaja ini tidak hanya di tanami bunga-bunga saja. Namun, banyak jenis sayuran yang diketahui oleh anak di arel bermain. Sehingga anak bermain sembari belajar dan mendapatkan ilmu pengetahuan baru di areal mereka bermain," tuturnya. 

Selanjutnya, tambah dia, air mancur yang telah ada perlu diaktifkan dan tinggal mengisi airnya saja. Kemudian jika airnya telah ada dan genangan air pun ada maka tinggal mengisi ikannya saja. Kalau, dikhawatirkan ikannya mati dan di pegang oleh anak anak dan akan menyebabkan kerugian, bisa di ganti dengan ikan mainan. 

"Ada arena memancing ikan bagi anak, sekaligus ajang pengenalan jenis ikan terhadap anak. Seperti ikan paus, ikan lumba lumba dan lain sebagainya. Sehingga taman kota ini dapat memberikan edukasi yang baik bagi pendidikan dan tumbuh kembang anak. Kolam untuk pancing ikan kecil-kecilan bagi anak, sehingga anak tidak hanya bermain saja tetapi bermain ada juga pengetahuannya," katanya. 

Nora Desanti, mengatakan bahwa areal bermain bagi anak ditaman kota Pasar Remaja tersebut perlu dirancang sebagai tempat belajar bagi anak. Seperti banyaknya tanaman sayur seperti tomat, wortel sehingga dapat media mengenalan bagi anak. 

"Kalau taman ini ada jenis tanaman sayur-sayuran maka dorongan dari guru sekolah anak mengajak anak mereka untuk bermain dan belajar di taman ini. Sebab, yang sering bermain ke taman ini adalah anak-anak paud, TK dan SD kelas 1 dan 2. Karena anak yang lebih besar dari umur tersebut tidak ingin bermain ke taman ini," katanya. 


Ia mengaku bahwa jika dibandingkan dengan lapangan segitiga banyak kesamaan dalam jenis permainan. Namun, di Lapangan Segitiga banyak banyak yang berjualan sehingga anak tidak bosan bermain. Kemudian, jika anak lapar bisa membeli langsung di makanan disekitar. 

"Kalau di taman Pasar Remaja ini tidak ada yang berjual makanan. Namun ada baiknya juga karena anak bisa membawa makanan dan minum dari rumah. Ini juga melatih anak untuk penghematan karena anak tidak banyak pilihan untuk jajan. Taman ini bagus dan bersih sehingga terasa nyaman untuk dinikmati bersama keluarga. Kemudian, jauh dari lalu lalang kendaraan sehingga anak lebih bebes berbain dan mengekspresikan diri bermain," ujarnya. 

Adrius Putra, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertahanan dan Lingkungan Hidup, mengatahan bahwa taman kota Sawahlunto seperti Lapangan Segitiga, Pasar Remaja akan terus dilakukan pembenahan. Terutama kebersiahan dan perawatannya sehingga taman tersebut memberikan kenyamanan. 

"Taman kota tersebut dilengkapi dengan fasilitas bermain bagi anak dapat dinikmati oleh masyarakat bermasa keluarga. Taman kota selain untuk taman hijau juga sebagai tempat sarana bermain bagi anak dan keluarga. Taman kota, akan ada penambahan arena bermain bagi anak sehingga selain berwisata keluarga lebih aman danyaman," katanya.

No comments:

Post a Comment