Tuesday, October 31, 2017

Gebyar Pendidikan Tampilkan Kreatifitas Siswa

Guna meningkatkan mutu dan penguatan karakter peserta didik pemerintah kota Sawahlunto menampilkan keterampilan siswa dan seni se kota Sawahlunto dalam gebyar pendidikan. Kegiatan Gebyar Pendidikan dini berdasarkan kesepakatan bersama kepala sekolah se kota Sawahlunto

"Gebyar Pendidikan tersebut untuk menamkan jiwa interpriuner kepada generasi muda Sawahlunto. Gebyar Pendidikan bertujuan agar kedepan melahirkan bayers yang akan mempromosikan kota Sawahlunto," ujar Deswanda, Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto, kepada Penulis, Senin, 30 Oktober 2017. 

Ia menyebutkan bahwa Gebyar Pendidikan ini akan menampilkan karya seni dan keterampilan siswa sermasuk guru. Untuk keterampilan taman kanak-kanak dan paud akan di presentasikan oleh guru. Namun karya seni keterampilan siswa SD, SMP, SMA/SMK akan di presentasikan oleh siswa itu sendiri yang memiliki karya. 

"Meskipun SMA/SMK saat ini telah menjadi ranahnya provinsi dan tidak dikelola oleh kabupaten/kota, namun berkat kerja sama serta kesepakatan bersama untuk menyemarakkan gebyar pendidikan sesuai dengan kesepakatan bersama antara kepala sekolah. Bebyar pendidikan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pengutan karakter. Gebyar Pendidikan dilaksanakan Senin-Selasa, 30-31 Oktober 2017 di gedung Pusat Kebudayaan kota Sawahlunto," katanya. 

Ali Yusuf Walikota Sawahlunto mengatakan bahwa pemerintah kota Sawahlunto terus berusaha untuk berinovasi, kreatif dan imfrovisasi untuk melanjutkan pembangunan sehingga menjadi bagian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebanyak 21.500 usia 0 sampai dengan umur 18 tahun yang tercatat di Dinasdukcapil Kota Sawahlunto. 

"Sebanyak 1.501 indeks pendidikan Sawahlunto untuk pendidikan karakter dan sebanyak 99,6 persen merupakan kartu identitas anak yang melakuan pendidikan di Kota Sawahlunto," katanya. 

Ia menyebutkan bahwa Sawahlunto merupakan bekas penjajahan Belanda akan terus bangkit dari keterpurukannya dengan meningkatnya mutu pendidikan dan karakter anak didik. Melalui pendidikan sehingga mampu menghadapi tantangan kedepan dengan berkompetisi dan kopeten. 

"Indikator pendidikan kegiatan gebyar pendidikan memaknai sumpah pemuda yang merupakan ide dan pemikiran Prof.Mr.H.Muhammad Yamin. Kemudian anak bangsa sebagai pelopor bangsa mencetus negara melalui pemikirannya yakni Prof. Mr H Muhammad Yamin merupakan putra terbaik bangsa dari Talawi Sawahlunto. Maka dari itu, pemerintah kota berkomitmen meningkatkan butu pendidikan sehingga lahir Yami baru di masa mendatang," tambahnya.  

Sementara itu, Prof. Ganefri, Phd, Rektor Universitas Negeri Padang memberi apresiasi kepada pemerintah kota Sawahlunto untuk menyelenggarakan kegiatan gebyar pendidikan dengan memamerkan karya seni dan kreatifitas pendidikan di kota Sawahlunto, seperti tari payuang Talawi yang layak untuk di jual di tingkat Internasional. 

"Sebagai bentuk apresiasi kampus terhadap pendidikan karakter melalui gebyar pendidikan ini maka kami akan mengundang untuk mengisi kegiatan di kampus. Hal ini menunjukkan kepada pemerintah kota terhadap pendidikan untuk meningkatkan produktifitas dengan mendatang terhadap pendidikan," tuturnya. 

Ia mengungkapkan bahwa melalui pendidikan dapat merobah kehidupan yang lebih baik. Sehingga jangan biarkan anak untuk tidak bersekolah karena tidak ada biaya melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Jika ada anak yang berprestasi di bidang akademik namun tidak memiliki biaya untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Maka ada biasiswa bidik yang diberikan pihak kampus untuk membantu biaya pendidikan bagi kurang mampu. 

"Sebanyak 1200 orang siswa bidik misi terus diberikan kepada siswa yang kurang mampu setiap tahunnya. Kemudian, UNP tahun ini merima mahasiswa baru sebanyak 10.000 orang dan sebanyak 3000 oranh mengusulkan beasiswa bidik misi," katanya. 

Ia mengatakan bahwa pihak kampus dan pemerintah kota melakukan kerjasama dibidang pendidikan untuk mendirikan universitas. Maka melalui kerja sama dengan pemerintah kota untuk mendirikan universitas negeri di Sawahlunto, Akademi komunitas UNP yang ada saat ini merupakan kampus negeri setara diploma II, akan di ubah staua menjadi Politeknik Negeri di kota Sawahlunto, sehingga kedepan Sawahlunto menjadi tujuan pendidikan. 

"Kita mendukung program dan kebijakan pemko meningkatkan kualitas pendidikan. sesuai dengan pengamatan kami terus meningkat kualitas pendidikan di kota Sawahlunto. Kerjasama yang tidak hanya menguntungkan sepihak saja, namun menguntungkan pula oleh masyarakat khususnya Sawahlunto. Kemudian untuk meningkatkan mutu pendidikan di kota Sawahlunto, maka pengabdian kepada masyarakat tahun depan akan di arahkan mahasiswa di kota Sawahlunto," sebutnya

No comments:

Post a Comment