Wednesday, October 18, 2017

Tour De Singkarak 2017 Sawahlunto Etape 2 House Finish

Persiapan Tour de Singkarak (TDS) 2017 berdasarkan rapat panitia pusan dan daerah, disepakati akan diselenggarakan pada tanggal 18-26 November 2017 mendatang. Grand star akan di mulai dari Kabupaten Tanah Datar dan finish di Kota Bukittinggi merupakan etape pertama. Ada sebanyak sembilan etape yang akan dilewati oleh pebalab sepeda Internasional. Kemudian 18 Kabupaten/kota ikut serta berpartisipasi dalam ajang balab sepeda klas internasional kecuali Mentawai. 

"Tour de Singkarak 2017 ini akan menempuh jarah lebih dari 1000 Kilometer dan melewati 18 Kabupaten/kota se Sumatera Barat kecuali Mentawai. Penyelenggaraan Tour de Singkarak 2017 ini, Kota Sawahlunto merupakan etape 2 dengan star di Kabupaten Pesisir Selatan, akan melewati kota Padang, Kabupaten Solok, Kota Solok dan Sawahlunto dengan jarah tempuh 160 Kilometer," ujar Efriyanto, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto kepada Penulis Selasa, 17 Oktober 2017. 

Ia menyebutkan bahwa Balap Sepeda Internasional dalam ajang Tour de Singkarak 2017 sebagai House Finish etape 2 tersebut di pusat kota taman lapangan Segitiga Kota Sawahlunto. Finish etape 2 tersebut pada tangga 19 November 2017 mendatang diikuti oleh 13 negara yang telah konfirmasi hingga saat ini. 

"House Finish etape 2 TDS di taman Segitiga untuk mengekplor kota tua yang ada di Sawahlunto. Sehingga kota tua Sawahlunto dapat di nikmati pesonanya oleh pengunjung yang menghadiri House Finish etape 2," katanya. 

Ia mengatakan bahwa untuk jalur infrastruktur yang akan dilewati pembalap Sawahlunto telah redi mencapai 90 persen. Sebab, jalur yang dilewati pebalap merupakan jalan nasional. 

"Saat ini yang menjadi kendala adalah penyelesaian gerbang di Muara Kalaban yang dilewati pebalap. Namun, pada kegiatan TDS mendatang semuanya telah redi dan selesai sehingga dapat dilewati pebalap," tuturnya. 

Ia mengaku bahwa penyelenggaraan TDS 2017 tersebut terus mengalami kemajuan. Sebab, TDS kali ini melewati 18 Kabupaten/kota se Sumatera Barat dengan sembilan etape. Sehingga etape yang ditempuh pun bertambah dari tahun sebelumnya. 

"Kemudian pebalap akan menginap di hotel dan home sty yang ada di kota Sawahlunto. Kemudian pada malam harinya akan diadakan hiburan rakyat untuk semaraknya TDS," tambahnya. 

Efriyanto mengungkapkan bahwa penyelenggaraan TDS 2017 ini akan menghabiskan anggaran sebesar Rp600 juta dari dana Anggaran Pendapatan Belanda Daerah (APBD) kota Sawahlunto. 

"Anggaran tersebut peruntukannya untuk kontribusi hadiah, pastisipasi konsumsi dan stransportasi kegiatan TDS 2017. Kemudian kegiatan ini diharapkan akan memberikan multiplayer effect kepada masyarakat yang dilewati pebalap termasuk kota Sawahlunto," katanya

No comments:

Post a Comment