Tuesday, November 8, 2016

Harga Cabe Berpengaruh Pada Inflasi



Pemerintah Sumatera Barat gerakan bertanam cabe di semua kabupaten dan kota dengan mengoptimalkan penyuluhan. Optimalisasi guna mendukung persediaan dan kebutuhan cabe Sumatera Barat. Pemerintah Sumatera Barat mengahimbau agar Kabupaten dan Kota bertanam cabe.

"Surplusnya produksi cabe, kita harapkan bisa membantu menstabilkan naiknya angka inflasi di daerah ini," Kata Yelfin Luandry, Kepala Badan Koordinasi Penyuluhan (Bakorluh) Sumatera Barat, kepada Penulis, Selasa, 25 Oktober 2016.

Ia menyebutkan bahwa dalam Gerakan Optimalisasi Penyuluhan (GOP) di Camping Ground, Kandih, Kota Sawahlunto merupakan instruksi gubernur bahwa cabe menjadi salah satu yang mendorong naiknya laju inflasi secara nasional dan daerah.

"Naik dan turun laju inflasi sangat dipengaruhi persediaan produksi cabe petani. Lebih penting dari semua itu, meningkatkan pendapatan petani cabe di Sumatera Barat," sebutnya.

Ia menjelaskan dengan melimpahnya produksi cabe petani dari semua kabupaten dan kota, harga akan stabil dan inflasi Sumatera Barat akan terkendali dan jauh dari permainan harga. "Maka, optimalisasi penyuluhan menjadi pendorong gerakan bertanam cabe," ungkapnya.

Ia berharap menanam cabe tersebut bisa menjadi tataran dari segi positif dan akan di percepat dalam peraturan gubernur. Jika hal tersebut lebih banyak sisi positifnya maka yang menjadi inspirasinya merupakan salah satu pangan. Maka, jika persediaannya terganggu atau pasokannya tidak tercukupi, harga akan melambung. Sesuai dengan teori ekonomi jika tinggi permintaan, harga anak semakin tinggi.

"Ini akan berentet kepada munculnya inflasi. Maka, perlu adanya gerakan omtimalisasi penyuluhan untuk menanam cabe. Untuk itu, menyikapi surat gubernur tersebut maka pemerintah kota Sawahlunto langsung menyikapi," katanya.

Sementara itu, Walikota Sawahlunto Ali Yusuf menyikapi gerakan bertanam cabe tersebut. Pemerintah kota merencanakan menganggarkan di Anggaran Perubahan Belanja Daerah (APBD) 2017 dana untuk gerakan bertanam cabe.

"Adanya himbauan Gubernur Sumbar semakin mendorong kita untuk melaksanakan gerakan bertanam cabe ini. pemerintah kota sangat mendukung apapun itu dalam membangkitkan perekonomian masyarakat. apalagi dalam membenamkan. Inflasi cabe ini. Dalam mendorong hal tersebut, disamping juga telah diperkuat dengan himbauan Gubernur Sumbar yang juga program dari pemerintah pusat," ungkapnya.

No comments:

Post a Comment