Wednesday, February 8, 2017

Guru Antarkan Siswa Menjadi Atlet Internasional

Sepria Yusril
Sabtu, 4 Februari 2017 pagi langit kota Sawahlunto tampak mendung. Jarum jam menunjukkan pukul 09.00. Belasan siswa MTsN Sawahlunto, Sumatera Barat, tampak sibuk di lapangan basket mengikuti pelajaran olah raga basket. Belajar di seko­lah agama tidaklah membatasi, untuk me­ngem­bangkan prestasi di bidang olah­raga. Hal itu dibuktikan pasangan atlet bridge MTsN Sawahlunto, M Alhanif dan Dimas Fikriaza.

M Alhanif siswa kelas IX A dan Dimas Fikriaza siswa kelas IX B MTsN Sawahlunto merupakan anak yang cerdas serta berbakat dibidang olahraga Bridge. M Alhanif mengenal olahraha Bridge sejak duduk dibangku kelas VIII tahun 2015 lalu. Ketika itu, Hanif dan Dimas satu kelas dan menjadi pasangan bridge yang diperhitungkan. Sementara, Dimas mengenal Bridge telah terbilang cukup lama, karena kakak Dimas juga seorang atlet bridge. Hanif dan Dimas merupakan pasangan yang baik untuk bisa terjun ke level nasional dan Internasional untuk bermain bridge.

M Alhanif, mengenal bridge dari sekolah karena belajar olah raga karena dari guru olah raganya bernama Sepria Yusril. Sejak itu, Hanif dan Dimas menjadi pasangan untuk berlatih disekolah dengan jadwal Jumat dan Minggu. Kemudian, untuk latihan malam minggu di rumah dinas wakil walikota Sawahlunto. 

"Maka, untuk terus mengasah kemampuan Hanif dan Dimas, dengan melakukan pertandingan di setiap latihan di sekolah, yang dilaksanakan dua kali dalam sepekan, dan diteruskan dengan latihan di luar sekolah, di setiap akhir pekan. Kini Hanif dan Dimas be­r­usaha mempersiapkan mental, untuk menunjukan permainan di level Internasional," ujar Sepria Yusril.

Peserta Seleknas Youngster U-21
Bagi M Alhanif-Dimas latihan itu sangat penting, sehingga untuk mendalami teknik permainan. Kemudian, seorang harus menganalisa kartu yang dikeluarkan temannya dalam bermain bridge. Bermain bridge maka harus memahami emosi kawan bermain agar saling percaya diri. Selanjutnya, berlatih juga sebagai persiapan mental. Karena bermain bridge ini sangat ditentukan dengan proses dan harus berkomunikasi teman pasangan bermain dengan baik dan inten. 

Maka, dari proses berlatih tersebut M Alhanif dan Dimas telah menunjukan kiprahnya pada Kejuaraan Nasional 2016 di Lubuk Linggau empat kawan dan mendapat peringkat II. Kemudian, pada tahun yang sama M Alhanif kembali mengikuti Proprov dan menyumbang 1 emas dan 1 perak cabang umur 16 tahun. 

Selanjutnya, M Alhanif juga terpilih mewakali Indonesia untuk mengikuti kejuaraan Bridge Dunia di Italy, yang dilaksanakan, 3-13 Agustus 2016. M Alhanif pergi ke Jakarta, karena Koni Sumbar meminta atlet bridge umur 16 tahun, maka M Alhanif dikirim untuk mengikuti seleksi, kemudian dikirim ke Jakarta untuk mengijuti tes dan ternyata lulus dan mewakili Indonesia pada kejuaraan brigde di Italy.

Dalam seleksi nasional U-16 lalu, tidak hanya Hanif dan Dimas saja yang diutus mewakili Sumatera Barat. Namun, MTsN Sawahlunto juga mengirim pasangan M. Ikhsan Alfikri dan Silfa Septi Aisyah. Kesempatan pasangan Ikhsan - Aisyah harus berakhir dalam babak pe­nyisihan, yang diikuti 23 pasangan atlet bridge. Sedangkan Hanif dan Dimas berhasil masuk dan menjuarai seleksi yang dilak­sanakan.

Kemudian, saat ini M Alhanif dan Dimas kembali mengikuti seleksi sejak Senin, 30 Januari 2017 lalu. Kemarin, di Jakarta untuk mengikiluti kejuaraan bridge APBF di Korea umur 21. Maka, M Alhanif-Dimas menjadi peserta termuda yang akan ikut brodge, jika lolos seleksi dan mewakili indonesia, sebab, Hanif dan Dimas masih berumur 16 tahun.

Pasangan Alhanif dan Di­mas, mengikuti seleksi nasional untuk masuk pada tiga besar. Hanif dan Dimas telah menyelesaikan 7 babak dengan 10 ronde. Kemudia, hasil seleksi tersebut, akan mengantarkannya masuk pada 12 besar yang akan bertarung pada finis. Maka, di finis akan dipilih tiga pasang untuk bermain di ajang internasional di kejuaraan APBF di Korea, U-21.

Sepria Yusril menyebutkan bahwa kejuaraan yang diikuti adalah Juara II Kejurnas Patkawan U-21 antara club tahun 2016 d Lubuk Linggau, Juara I Seleknas KID tahun 2016, Medali Emas Patkawan U-16  Porprov Sumbar Tahun 2016, Medali Perak Pasangan U-16 porprov sumbar, Peserta Seleknas Youngster  U-21, yang sedang berlangsung saat ini di Jakarta.

No comments:

Post a Comment