Tuesday, February 28, 2017

Menteri BUMN Tinjau Lokasi Pasca Tambang Terbuka

Ali Yusuf Walikota Sawahlunto
Paparkan Lokasi Pasca Tambang Terbuka
Kepada Menteri Rini Soemarno
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia, Rini Soemarno Mendukung pembangunan Pariwisata Kota Sawahlunto. Perhatian tersebut telah ditunggu pemerintah kota sejak tiga tahun kedatangan Menteri BUMN, Rini Soemarno terjawab sudah. Sebab, Pengembangan Sawahlunto, Sumatera Barat, sangat berkaitan erat dengan beberapa perusahaan plat merah yakni PT. KAI dan PT. Bukit Asam. Hal itu diharapkan dapat didukung oleh BUMN dalam menjadikan Sawahlunto lebih maju dari yang sekarang.

Agenda Mentri BUMN menjelajah kota Sawahlunto selama satu jam saja, namun semangat Walikota dalam memperkenalkan Sawahlunto lebih dalam sehingga tingkat penasaran, mentri mengubah jadwalnya menjadi tiga jam di kota Sawahlunto.

Taman Satwa Kandih menjadikan langkah pertama Rini Soemarno menginjakkan kaki di Kota Wisata Tambang. Setelah berjabat tangan, Ali Yusuf langsung mengalungkan kain songket asli tenun Silungkang sembari memperkenalkan songket yang telah dipakai beberapa orang pemuka Indonesia.

"Presiden Jokowi dan Jusuf Kalla juga pernah memakai kain songket ini buk. Sekarang kami bangga sekali ibu bersedia memakainya juga," sebut Ali Yusuf, Walikota Sawahlunto, Sabtu, 25 Februari 2017.

Rini Soemarno, Menteri BUMN
Menuju Lubang Mbah Soero Objek Wisata Tambang Dalam
Begitu keluar dari Taman Satwa, Rini Sumarno mengitari areal Camping Ground yang dapat menampung kegiatan di alam terbuka dengan ratusan tenda, Lapangan Pacuan Kuda Kandi yang kini menjadi pacuan terbesar di Indonesia.

Begitu juga dengan Kebun Buah, kawasan yang dulunya bekas tambang dengan hamparan cadas, kini justru hijau dengan pohon buah. Rini juga melihat langsung arena Road Race yang menjadi tempat kaum muda melepaskan hobi belapan kuda besi.

Usai menikmati kawasan kandis, memperlihatkan kawasan bekas tambang tersebut, danau kandis, lapangan pacu kuda, arena road race, camping ground dan taman buah, Rini Soemarno beserta rombongan bertolak ke Puncak Cemara.

Beranjak ke Pusat Kota, rini yang didampingi Ali Yusuf beralih menuju lubang tambang mbah suro dengan memakai peralatan lengkap tambang. Selain museum dan kantor PT.BA uga disempatkan Rini untuk menyaksikan.

Selain itu Rini Soemarno juga memberikan pernyataan kepada Walikota untuk mencarikan sponsorship dalam pembangunan hotel sekelas Hotel Indonesia dan The Hill, serta pemanfaatan bekas kantor PT. BA.

Rini Soemarno menyebutkan bahwa Walikota sawahlunto sangat bersemangat menghidupkan kembali kota tambang menjadi satu sentra ekonomi yang dulunya tambang, namun sekarang tambangnya sudah tidak ada lagi. Tetapi bagaimana betul-betul kota ini bisa berkembang dan memberikan kemakmuran kepada rakyatnya.

“saya sangat senak pak wali itu sangat kreatif dan bersemangat utuk mencari jalan-jalan bagaimana memberikan kesejahteraan kepada rakyatnya. Saya rasa ini sangat penting dan kami sangat mendukung bagaimana ini betul betul menjadi salah satu objek wisata untuk di Sumbar, karena sejarahnya itu sangat mendalam, dalam artian sejarah pertambangan dari masa penjajahan Belanda hingga sekarang. Hal ini bagus menjadi pembelajaran kita untu kedepan sehingga anak cucu kita mengetahui sejarah nenek moyang,” katanya.

Pengetahuan sejarah tersebut maka, diharapkan anak cucu kita kelak akan melindungi negarannya, jangan sampai hal hal seperti ini terulang kembali. Sebagaimana ini betul betul menjaga kekayaan indonesia dan untuk indonesia tentunya.

“saya berharap bahwa kota sawahlunto ini dan BMUN sebagaimana bisa bersinergi dan bisa membantu sawahlunto ini sehingga betul betul bisa menjadi kota percontohan untuk bekas daerah pertambangan yang dapat hidup kembali,” ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa banyak negara, kalau kota tambang jika tambangnya sudah habis, maka kota tersebut menjadi mati, orangnya ikut mati semua.

“Nah, saya rasa ini merupakan percontohan yang sangat bagus dan kita juga, ternyata kota tambang yang sudah mati masih bisa hidup kembali. Saya ingin membantu pak wali. Insya allah dengan tujuan kota ini untuk menjadikan kota sawahlunto dengan tujuan yang cukup baik. Komitmen saya membantu pak wali, Sinergi BUMN untuk merevitalisasi silo menjadi salah satu sentra wisata,” paparnya.

No comments:

Post a Comment