Wednesday, February 15, 2017

Pasumpahan Island Dikelola Masyarakat


Kota Padang, Sumatera Barat, terletak di pesisir pantai Samudera Hindia ini memiliki pulau-pulau kecil yang indah. Ada sembilan belas pulau kecil yang cukup indah dan menawan berada di bibir pantai Kota Padang. Salah satu pulau yang kini tengah menjadi primadona saat ini adalah Pulau Pasumpahan. Pulau ini berada di perairan Bungus Teluk Kabung, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, dengan luas lebih kurang lima hektare. Pulau Pasumpahan ini sangat cocok dijadikan tempat berekreasi dan bersantai bagi keluarga.

Untuk mencapai lokasi Pulau Pasumpahan yang berada di tengah laut, pengunjung dapat melewati dua titik yang disediakan yakni di Kelurahan Sungai Pisang dan Carlos, Bungus. Speed boat pun dapat mengantar pengunjung ke pulau ini, untuk menikmati ke indahannya.

Pengemudi speed boat dan masyarakat sekitar justru menjadi penjaga pantai dan pengunjung yang bermain di pulau ini. Maka, tidak rugi dan menyesal rasanya datang ke pulau tersebut. Jernihnya air laut membuat pengunjung dapat melihat langsung ikan yang berenang di laut dan didukung oleh nuansa pulau mungil yang asri dengan birunya air laut sebagai bonusnya.

Pulau Pasumpahan ini populer dikalangan para traveler ataupun para pecinta snorkeling. Pulau Pasumpahan ini berdekatan dengan Pulau Sikuai dan Pulau Pamutusan, Pulau Pagang. Pulau dengan perairan jernih yang terdiri dari tiga degradasi warna yaitu bening di pinggir pantai, kehijauan ditengahnya dan kebiruan untuk lebih ketengah lautan atau kedalaman dasar laut. 

Pulau Pasumpahan yang eksotik. Kondisi pantai yang landai, terdapat hamparan pasir putih cukup luas. Juga terdapat bukit batu karang setinggi 100 meter berada disisi utara pulau yang menambah daya tarik pengunjung. Wisatawan diperbolehkan mendaki bukit untuk melihat pemandangan dari atas bukit sembari mengabadikan gambar.

Di pulau tersebut untuk makan dan minum, pengunjung tak perlu was-was. Karena di sini juga tersedia warung yang cukup lengkap milik masyarakat setempat. Harga makanan dan minuman pun terjangkau, dengan menu makanan khas orang-orang pesisir pantai.

Pengunjung yang ingin berlama-lama di sini juga dimanjakan dengan tersedianya cottage. Sebanyak enam cottage disiapkan pengelola pulau ini. Masing-masing cottage dapat disewa dengan harga terjangkau. Hebatnya, meski Pulau Pasumpahan dikelola masyarakat, tidak ada aksi premanisme di lokasi ini. 

Pulau Pasumpahan memiliki berbagai fasilitas lengkap diantaranya adalah bangku-bangku untuk bersantai, kamar bilas, beberapa wahanan water sport, lapangan volli, camping ground dan Mushala. Semua fasilitas pendukung tersebut, bertujuan agar liburan semakin seru dan berkesan. Tentunya dengan udara yang sejuk dibawah pepohonan kelapa nan rindang, sehingga tidak bersentuhan langsung dengan sinar matahari.

No comments:

Post a Comment